Saturday, October 12, 2013

Screening Epic Java, Yogyakarta


Kamis kemaren tingkat ke-keren-an saya berasa meningkat dari 10% jadi 70%. Kenapa? Yaaaaaaap! Setelah menunggu-nunggu acara screening Epic Java di Jogja akhirnya kesampean juga! Beruntung banget dapet tiketnya karena penjualan tiket hanya berlangsung 18 menit saja! Gila banget antusias orang-orang Jogja yang kebanyakan mahasiswa ini. 

Keberuntungan kedua adalah, setelah berhasil mendapatkan tiket, saya, Artha, Rahmi, dan Ijah heboh seheboh-hebohnya. Girang segirang-girangnya. Alhasil dengan kegilaan kami waktu itu membuahkan hasil: mas Denny Noviandi, sang music composer melirik kami untuk diajakin ngobrol! Mwaaaaaak. Pembicaraan seputar pembuatan Epic Java dari awal-mula sampai akhirnya dia memberi semangat pada kami untuk terus berkarya, 'Pokoknya kalian juga harus bikin filem, dan berkarya, apapun karyanya deh. Semangat dan sukses!' Dan jengjeng ada bonus nih foto kami di tweetpict sama dia. 

@dennynovandi
Lalu sempet ngobrol juga sama mas Galih, sang scriptwritter. Ternyata dia seorang sarjana arsitek lulusan UNPAR yang membuka usaha konsultan arsitektur dan studio filem. check @EmbaraFilms. 'Mas kalo mau KP disana bisa nggak?' 'Hahaha ntar kalian sekalian belajar bikin filem ya!' candanya. Beeeuh mau banget lah Ak.

Malamnya, dengan semangat embara, eh membara ding kami pergi beramai-ramai tak sabarkan ingin melihat film 30menit itu. Sampai sana 18.10 an. Dagdigdug nungguin open gate jam 18.30. Ternyata open gate jam 19.30, saya salah baca jam *kebiasaan*

Jam 19.30. Open gate! Kami masuk, duduk dibangku paling pewe. Acara dimulai dengan pembukaan, di MC-in oleh Alit Jabangbayi (@alitalit). Lalu diputarkan behind the scene-nya, btw saya gak terlalu inget susunan acaranya sih. Lalu akhirnya diputarkan filmnya dan mwaaaaaa! Merinding banget pas baca teks prolognya. Gak terlalu inget juga sih, yang pasti bercerita tentang bagaimana Tuhan memberikan air cahaya dan langit, berkisah tentang kelahiran Pulau Jawa atau disebut Javadvipa. Film ini dibagi jadi tiga bagian, yaitu Surya, Sakral dan Priyangan. 

Gambar yang disuguhkan menurut saya luar biasa, mengingat saya belom pernah nonton film beginian sebelumnya. Amazed banget sama sabuk galaksi bimasakti, candi prambanan, borobudur, entah kenapa tempat-tempat ini terasa beda ketika ditayangkan difilm ini. Magis. Mistis.
Saya paling ngeh sama bagian Sakral atau ketika Pulau Jawa mengenal Tuhan, menurut saya sih, kurang lama, dan kurang mengena, maaf ya ini opini pribadi, tapi memang sebelumnya saya membayangkan bagian ini yang paling banyak. Bercerita tentang sisi magis dan mistis dari objek-objek sakral di Jawa. Terus bakalan ada ritual-ritual yang lebih banyak kayak nanem kepala kerbau, ngelarung sesajen, kirab-kirab dari keraton, dan acara ritual yang di Dieng (entah apa lupa namanya). Oke pembaca, abaikan ini aja deh, saya ngerasa konyol nulis beginian secara saya nggak ngerti banyak tentang film. Very good job!

Musik yang dibuat mas Denny membuat saya merinding, jantung juga ikut berdegup kencang, seakan benar-benar membawa saya masuk dalam film itu. Aaaaah bener-bener deh ini!

Selesai pemutaran film ada sesi tanya-jawab, saya nggak berani nanya, soalnya takut pertanyaan saya konyol haha. 

Well, setelah acara selesai saya sempaaaat... jengjengjeng~ kenalan sama Mas Embi (Febian Nurrahman Saktinegara) sang sutradara dan editor film, otak pembuatan film super epic ini. Nggak ngobrol banyak sih, karena grogi :3 Sebenernya tujuan awalnya mintain dia nulis di postcard buat si Opik karena dia nggak jadi dateng, tapi nggak tau kenapa sekalian foto bareng gini. Hihihihi bonus foto! 'Sukses terus ya, Mas Embi' 'Makasih banyak, yaa..'

Sukses terus buat Epic Java! Kalian sungguh menginspirasi, sukses!

postcard epic java yang udah ditulisin mas embi
si opik girang banget, lucky you!

bonus foto sama mas embi :3

-terimakasih untuk cerita epic nonton Epic Java-

2 comments:

  1. Huhuhuhuhu bagus amat. Kesalahan bgt gajadi ntn & buka reviewmu kikkk :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi semoga komen mu dibaca mereka trus mereka ngadain screening di semarang :D

      Delete