Monday, November 10, 2014

learning oil colour

berani kotor itu baik


Hallo, November.
Saya selalu suka bulan ini karena yep! Musim hujan. Walaupun suasananya males-males gitu tapi kan adem. Nggak ribut kepanasan hahaha!

Ehm... karena saya lagi pengen ngepost dan gak tau apa yang mau dipost, maka saya pilih ngepost pengalaman pake oil colour ajalah ya.

Jadi ini karya kedua saya memakai oil colour. Setelah menonton video di youtube berkali-kali akhirnya berani juga nyoba bikin ini. Dengan modal kanvas 40x60 yang dulu dibeli papa tapi belum sempet dipake, sayang dari pada kosong, oil colour yang juga dibeli papa, pokoknya semuanya saya pake barang-barang peninggalan. 

Oil colour yang saya punya merk reeves isi 12, kalo nggak salah harganya 70ribuan dan minyaknya yang 50ml, lupa merk apa. Kuas cat tembok ukuran entah lupa haha (untuk bikin background langit dan pohon), kuas cat minyak berbagai ukuran untuk detil-detil. Dan palet plastik yang lebar. 

Belajar cat minyak ini gampang-gampang susah, tergantung juga sih yang digambar apa. Untuk pemula sepertinya lebih baik nggambar pemandangan, karena tidak memerlukan detil yang rumit dan lebih bebas. Gambar abstrak? Mmmm menurut saya perlu belajar sesuatu yang real dulu sebelum menggambar sesuatu yang abstrak yagn berkelas. Hahaha... Iya kan yah.. abstrak tuh nggak cuma coret-coret ngasal, tapi juga main komposisi, warna, balance apa nggak, filosofinya apa, ribet lah. Kata seorang dosen untuk membuat lukisan abstrak, pelukis harus bisa dulu menggambar yang real yah walaupun nggak realis-realis amat. Jadi kalo belajar ya mending draw what you see aja ;)


kuas kecil untuk detiling

Oiya cat minyak sama cat air beda banget. Cara ngeblend warnanya beda, kalo cat air dari yang muda dulu, kalo cat minyak dari tua dulu ke muda, biar bagus ngeblend nya. Cat minyak ada 2 jenis teknik, yaitu basah dan kering. Basah itu kalo pake minyaknya banyak, kering tuh kalo hampir nggak pake minyak. Nah di gambar saya ini, ada 2 teknik juga, yang bagian langit, saya nyoba pake banyak minyak. Sedangkan foreground dan pepohonannya saya pake teknik kering (ngabisin pewarna).

Udah deh, ini baru percobaan kedua pake cat minyak. Moga ada duit buat beli kanvas lagi hahaha!!! 

"sanggupkah bersanding denganmu"

No comments:

Post a Comment