Tuesday, December 16, 2014

menghilangkan stress ala mahasiswa (arsitek)

Deathcember. Deadlimber. De(ad)cember or whatever we call it, but, yeah. I think everyone get panic for the last month of year. We supposed to be stressed cause of deadlines, works, assignments, tests, or targets (mostly) you wanted to get this year. I do, indeed. I always fulfill my calendar with a lot of check list when 'you-know-what-month' come. Want to share aja sekalian mbalikin rutinitas nulis blog hehehehe. syukur-syukur bermanfaat untuk orang seperti saya. But well, this tips not only for this December. We can use it everytime we get stressed. ;)

Saya yakin sebagai mahasiswa arsitek yang sering banget stress, tips-tips yang saya lakukan bisa dipake orang lain juga hehehehe 

1.     Don't get panic! Tenangkan pikiran dulu

I know everyone must be panic when the date come closer. Deadline tinggal seminggu lagi misalnya, terus panik, kepala mau pecah, liat temen udah sampe jauh. Trus stress sendiri karena pikiran kacau. Don't we? 
First thing I always do is tarik nafas dalam-dalam, terus jernihkan pikiran. Thing what do you wanna do that time, saat itu juga. Lakuin mau ngapain dulu, misal mau teriak-teriak ya teriak aja, karaokean, mau berenang ya berenang aja. Yoga, senam, sepedaan, pergi ke tempat tenang, TAPI sebentar aja! SEBENTAR!! (pake tanda seru biar mantebs)

Terus siapin niat sebesar-besarnya buat ngerjain. 

2. Susun rencana!

Saya percaya bahwa niat mengerjakan apapun itu berarti progress 50%. Yep. Apapun kerjaannya kalo niat udah full pasti cepet kelar, maksimal dan selesai hingga hasilnya memuaskan (minimal buat diri sendiri) . Nah, tahap ini yang biasa saya lakukan adalah nyusun timeline target, biasanya coret-coret di kalender biar puas sekalian nyoretinnya. Bikin TARGET apa yang harus DICAPAI setiap hari.

misalnya,
  • hari senin tanggal 1 target yang mau dicapai bab 2 sampe poin 3 kelar. hari selasa tanggal 2 revisi bab 1 yang kemarin dikerjain
  • hari rabu bikin denah, tampak, potongan fix.
  • hari kamis, layout poster fix plus tambahin konsep!

Menurut saya ini penting banget dilakuin biar target lebih jelas dan lebih enak buat diperjuangkan. Semacam apa yang kamu usahakan kalo target aja masih nggak jelas? ya kan? *wesyeh* *on fire*
Bayangin kalo nggak punya kayak ginian, what do you wanna do buat skripsimu, nak? displaymu, nak? masa depanmu, nak? *eh* 

3. TO DO LIST harian

Nah ini versi lebih detilnya dari poin kedua, jika inti poin sebelumnya adalah target yang harus dicapai, maka ini adalah catatan kegiatan yang harus dilakukan tiap harinya.
Yang dibutuhkan adalah buku saku kecil. Tulisannya adalah berupa kegiatan yang akan dilakukan hari itu mulai dari bangun pagi sampe mau tidur. Dan catatan yang ditulis jangan hanya tugas atau deadline, Tapi termasuk kegiatan lainnya yang membutuhkan banyak waktu dan effort. Misal bikinnya kayak gini:
  • bangun jam 5.00
  • cuci baju
  • kirim paket
  • ngerjain laporan KP
  • bikin layout poster display
  • ke rumah si A pinjem buku
  • ke mir*ta beli cokelat 
Kenapa harus sedetil itu? Biar hidupmu seharian itu jelas mau ngapain aja. Aturannya adalah tulis to do list tiap malam sebelum tidur, dan ingat-ingat dengan baik sampe tertidur. Kalo yg susah bangun pagi, hal itu bisa dipake biar bisa bangun pagi. It works for me anyway. Coret hal-hal yang udah dilakuin, itu ada kepuasan tersendiri. Time is money guys. don’t waste it ;)

4. Manjakan diri!

Manjakan diri bukan berarti malas-malasan. Manjakan diri disini berarti berikan apa yang dirimu, tubuhmu, pikiranmu butuhkan. Masing-masing orang punya cara memanjakan diri beda-beda sih, tapi kayaknya tips ini bisa dipake.

Yang pertama adalah manjakan diri dengan wewangian, menurut pengalaman pribadi, wangi yang disukai bisa meningkatkan ketenangnan dan mood. Hope works for you, too:
  • Bikin kamar wangi, belilah pengharum ruangan yang digantung, semacem gla*de yang escape ocean atau wangi ain
  • Mandi pake sabun baru yg wanginya oke, sabun sereh, sabun kopi, atau yg paling murah sabun har**ny yang harganya cuma 1500an. Terus dipake mandi, lama-lamain dari biasanya, sambil dinikmati setiap wanginya. Dijamin pikiran lebih tenang. Kenapa harus baru? Kalo sabun yang biasa dipake pasti udah bosen sama wanginya. Nggak maksimal ngerefresh-in nya. 
  • Creambath ke salon bentar atau beli krim creambath maka**zo di indo**ret. Ini juga bikin superduper relax. Jangan kebablasan buat perawatan yang lain dulu, target masih banyak! (galak lagi)
  • Lilin aromaterapy juga recomended, buat yang nggak suka pewangi kamar sih.
Saya nggak tahu apa itu bisa dipake buat cowok, soalnya semuanya cewek banget ya hahaha :P

Tahap dua:
Nah kalo pikiran udah tenang gantian tubuh yang harus tenang kan ya.
Minum kopi atau cokelat panas atau teh anget. Jangan es. Yang anget-anget katanya bikin badan lebih relaks. Jangan sambil ngemil! Ntar malah wasting time. Target masih banyak! (galak)


5.     BERESIN KAMAR

Tata kamar senyaman mungkin untuk ngerjain. pasang timeline target didinding (opsional), kalo kamar saya udah macem Sherlock gitu dimana-mana ada tempelan, kalo saya deadline dan konsep-konsep praTA yang tak kunjung ku kerjakan -..-

“BERANTAKAN DAN KOTOR BEDA”
Berantakan adalah cara lain mengatur barang. Saya termasuk orang yang berantakan dan saya hapal letak setiap barang yang ada di kamar saya. Jadi paling sebel kalo ada orang lain masuk trus sok nata kamar. Semua baranng yang diletakkan dilantai, meja, lemari, meja kecil itu berdasar pada frekuensi pemakaian. Kalo jarang dipake berarti masuk lemari, kalo sering dipake ya dimeja, kalo di lantai biasanya biar gampang diambil karena meja nggak cukup, yang dibawah kasur biar lebih ringkes aja soalnya nggak ada space lain buat nampung. Menurutku konsep dan cara hidup kayak gini bisa jadi lebih praktis. 

Nah, kalo kotor beda lagi, emang kemproh berarti, kotor tuh kalo kamar banyak debu, acak-adul nggak jelas barang apa aja yang ada di lantai kamar, dimeja kamar dan nggak ada fungsinya. Nah itu namanya kotor. hahaha!!

Nah, tata kamar senyaman pribadi masing-masing. Kalo orangnya rapi ya bikin serapi mungkin. 

6.     Pagi itu waktu ajaib!

Bangun tidur langsung keluar kamar? Dont ever do this!!. Buka laptop dan kerjain yang sudah ditargetkan hari itu. Pagi sekitar habis subuh sampe jam 8 adalah waktu paling ajaib. Jangan nyalakan musik, atau radio, atau tv. Dengerin aja suara burung super merdu yang bikin pikiran tenang. Fokus sama apa yang lagi dikerjain, bakal dapet banyak dan cepet banget. Jangan terpengaruh ajakan orang lain untuk sarapan dulu. Jangan ngobrol juga sama orang lain, terutama kalo anak kosan. Jadikan pagi sebagai me time. No one can bother! Just me, morning and my works. Nothing else. Ini harus dicoba buat orang yang lagi ngejar deadline. ;)


7.      Dengerin musik yang tepat

Di waktu lain selain pagi, boleh banget ngerjain sambil ndengerin musik. Kebiasaan saya sih instrumental, tapi jangan yang sedih ntar malah galau. 30 menit-1 jam pertama (atau lebih karna saya bisa berjam-jam) dengerin cover gitarnya SungHa Jung aja, atau Mozart, Beethoven, Bach. Memulai emang perlu fokus yang kuat dulu. Setelah itu bisa dengerin radio atau lagu-lagu yang ringan.
Kalo udah stress baru boleh dengerin lagu yang agak kenceng, yang bisa nambah semangat, yang bisa bikin melek. Jadi ada 3 tahap gitu. Ini kebiasaan yang nggak sengaja sih. Makin malam makin kenceng. 
Menurut saya 3 tahap ini bisa membuat bertahan lama lho ngerjainnya dibanding kalo lagi ngerjain langsung tancep lagu kenceng.
Kalo udah capek jangan ragu untuk nyanyi. Biarin keluar dari pada dipendem.
Wanna try? Good luck :3


8.     Moodbooster

      Kalo mood udah jelek jangan lupa cari moodbooster buat balikin mood. Mood jelek mengganggu produktivitas banget. Parahnya ngebikin males. Berabe kalo udah males susah banget balikin niatnya kan. Jadi kalo udah badmood sebisa mungkin langsung cari moodbooster. Masing-masing orang beda. Minum cokelat (lagi) atau beli eskrim, beli cemilan atau makanan favorit atau apapun yang bikin mood bagus lagi sangat penting. 


9. Keluar kamar itu penting

Jangan biarkan menyiksa diri sendiri dikamar. Mata butuh yang seger-seger. Badan butuh digerakin. Saya pernah merangkak ke kamar mandi saking kelamaan duduk di depan laptop. Jaman semester empat.
Keluar dan jalan-jalan bentar. jangan kelamaan, makan di tempat favorit sama temen sambil ngobrol.. inget jangan kelamaan. Kalo kelamaan ntar sampe kosan lagi ngantuk, bubar jalan kan. Makan secukupnya, yang penting makan yang pengen dimakan. Begitu. Atau bisa aja keluar bentar cuma buat beli minuman seger atau cemilan ke indo**ret, tapi yang deket aja. Jangan kosanmu di Pogung kamunya ke Indo**ret point di depan UNY. Gile lu ndro!  


9. Reward!
Nggak salah bikin reward buat diri sendiri. Misalnya kita laper banget, tapi belom bikin gambar potongan, yaudah berarti jangan makan dulu sebelum gambar potongan jadi 1 biji. Ini lumayan bikin produktif lho. Target jadi tepat waktu dan nggak ketunda. 

Terakhir makanlah makanan bergizi, saya biasanya makan yang cepet gitu macem Oli*e atau Indomie. Jangan dicontoh :3

Kurang lebih hal-hal tersebut diatas yang selalu saya lakukan menjelang display (jangan mikir lebay soalnya yang ngerasain cuma mahasiswa arsitek)
Silakan banget kalo ada yang mau nambahin. I hope it works to you who read my blog, semoga target skripsi, display, praTA dapat diselesaikan dengan baik. Doakan juga semoga praTAku nggak seret :3


cheers!! ;)


eh anyway besok display

2 comments:

  1. Replies
    1. kenapa dy kenapa? kamu gak pernah sih ngersain dikejar deadline ala anak arsitek :'''

      Delete