Thursday, March 20, 2014

studio tematik 1 display #1 JONGGOL GREEN SMART ISLAMIC CITY

Hallo blog walker!

Hari ini tadi saya persentasi pertama untuk proyek studio tematik. Judulnya Jonggol Green Smart Islamic City. Yap. Mulai semester ini studio sudah tidak hanya tentang bangunan lagi, tapi kawasan. Kebetulan waktu memilih tema saya dapat giliran akhir-akhir sehingga hanya tersisa beberapa saja. Nah, yang menarik saya dari beberapa tema terakhir adalah tema yang saya ambil sekarang ini. Lokasi sitenya di Jonggol, kabupaten Bogor. Jauh ya...hohoho

Jadi intinya, saya membuat semacam pesantren modern yang didalamnya terdapat fasilitas quran academy, fasilitas manasik haji, rumah sakit islami, dan fasilitas penunjang lain yang dapat dikembangkan sendiri. Dosen saya meminta bahwa konsep kita nantinya berdasar pada konsep ayat-ayat al-quran mengenai lingkungan. Saya mengambil konsep 'air sebagai sumber kehidupan' sehingga apa yang saya fokuskan pada tema green smart city yang utama adalah konservasi air disamping itu banyak penggunaan teknologi ramah lingkungan lainnya. 


Berikut poster yang saya buat tadi malam, tanpa tidur pastinya. :''

Jonggol menjadi pusat pembelajaran alquran dengna konsep modern dan green

ide, konsep, dan kebutuhan fungsi

preseden yang saya ambil adalah masterplan kota madinah, dubai dan masdar (abu dabi)

zonasi. akan ada 5 titik penting yang saling terhubung. sampai sekarang belum nemu 5 titik itu apa saja selain eco-park

konsep saya nantinya, bangunan yang ada disini terlihat seperti gurun pasir yang bergelombang-gelombang


I've tried my best, untuk persentasi hari ini meskipun ada beberapa poin yang belum tersampaikan :sedih:
Tapi yaudahlah, next time better lah ya. amin




No comments:

Post a Comment