Monday, February 25, 2013

Selat Mbak Lies

Adalah salah satu icon kuliner Kota Solo dan selalu bikin penasaran orang luar Solo. Selalu ada pertanyaan
"selat solo kayak gimana sih?"
"Selat? Salad? Sayur ya?"
"Katanya selat solo enak ya? Kayak gimana itu?"
"Eh, selat solo yang enak dimana sih?"

Yaps selat adalah makanan yang berisi sayuran dan daging. Kentang goreng, wortel rebus, kacang panjang rebus, kacang polong, tomat, daun selada, mayones yang disebut monster oleh sebagian orang, daging/galantin, telur kemudian disiram kuah manis berwarna cokelat. Bisa bayangkan?

Ada beberapa warung selat yang saya kenal di Solo, salah satunya warung selat Mbak Lis yang berlokasi di Serengan, masuk ke gang kecil yang cuma bisa di lewati sebuah mobil. Tapi jangan salah, selat disini sudah terkenal, banyak artis ibukota yang pernah singgah disini kemudian menuliskan komentar dan tanda tangannya di piring-piring pajangan. Saya kenal selat ini sudh dari jaman SD, dulu sering banget pulang sekolah dijemput mama terus makan disini, dulu masih kecil warungnya, sekarang sudah besar dan terkenal. 

Menu: selat lidah segar, selat bistik segar, selat galantin segar, selat galantin kuah saus, stup makaroni, gado-gado, sup matahari, tahu acar, es teler, es sirup, es teh, es jeruk, dan lain sebagainya. Range harga 4000-13.000. Cukup murah kan? Enak dan murah

Ohiya! yang unik disini adalah pelayan yang pakai kostum-kostum unik, tiap hari ganti kostumnya.Waktu kesana pernah kostum Jawa (kebaya, jarik, sanggul, blankon, beskap), kemudian suatu hari lagi kostum noni-noni pelayan Belanda gitu, pernah lagi kostum kayak negeri dongeng, suatu hari pake kemben dan lain sebagainya.
Terus interior warungnya serba keramik, piring-piring nempel di dinding, guci-guci di tata dan dipake untuk tempat makan, guci tempat cuci tangan, tirai-tirai dari kerang, ribet tapi unik.

Tadi siang kesini sama mama, huehehe

selat lidah kuah segar
selat galantin kuah saus
es teler, es teler paling enak yang pernah dicoba

nyams~

No comments:

Post a Comment