Monday, June 11, 2012

Estetika Dasar: tugas besar

Entah ini tugas besar atau bukan, saya lupa, yang pasti ada 3 tugas terakhir yang diberikan setiap 2 minggu sebelum melaksanakan Ujian Akhir Semester. Sebenarnya sudah gak terlalu ingat soalnya bagaimana. Ada sih file soalnya, tapi di laptop yang lama dan rusak hahaha, jadi saya tulis seingat saya saja. Oke sebut saja ini tugas akhir.
Jadi tugas akhir yang pertama adalah memfoto sebuah objek yang tidak boleh figuratif. Figuratif disini maksudnya tidak terlihat objek apa itu. Misalnya kelopak bunga, jangan sampai terlihat utuh kalo yang difoto kelopak bunga, jadi yah seperti photography micro atau macro. Kemudian dari hasil foto yang didapat, ditransformasikan ke dalam dwimatra, sesederhana mungkin dan diberi warna. Kemudian dari hasil transformasi tersebut dibuatlah dengan mentransformasikan huruf (pilih salah satu huruf yang mewakili dwimatra) dengan cara repetisi, menumpuk, memotong, menambah, dll, dan diberi warna.
Untuk karya saya, saya memilih foto kelopak bunga mawar ini, ngambil dari internet, kemudian saya transformasikan ke dalam bentuk dua dimensi. Yang saya tangkap saat melihat foto adalah garis-garis lengkung yang beraturan dengan warna ungu. Sehingga saya membuat garis-garis lengkung dengan komposisi  yang saya anggap balance dan diberi warna analog: ungu, pink, merah tua, ungu muda, dan beri nama 'Waving Rose'. Tahap selanjutnya adalah transformasi huruf U, karena saya anggap U mewakili lengkungan-lengkungan tersebut, saya membuatnya berbeda dengan Waving Rose yang kesannya feminin, saya transformasikan huruf U dengan menumpuk, merotasi, dan memotong, kemudian saya beri warna hitam agar terkesan sederhana. :)


foto ambil dari google

hasil transformasi 1: waving rose

hasil transformasi 2: U

layout :)



No comments:

Post a Comment