Monday, August 13, 2012

beef (teriyak)i

Kemaren sore saya ngebet banget pengen buka puasa makan sesuatu yang dimasak sendiri. Bukan mi instan tapinya. Gara-garanya kegiatan yang saya lakukan seharian adalah membaca blog orang yang isinya serba kuliner yang lengkap banget, terutama di Jogja, saya jadi pengen ini itu tapi gak kesampaian. Alhasil yang ada cuma ngiler haha
Saya putuskan untuk memasak beef teriyaki. Ke Lottemart diantar adek saya beli daging sapi 300 gr, bawang bombay 3 biji, dan saori saos teriyaki 1 pack isinya 10 bungkus (banyak bangeeeet). Beruntungnya di balik bungkus saori ada resep beef teriyaki, jadi gak perlu repot-repot cari resep lagi hihi :P

bahan:
 125 gr daging sapi
2 buah bawang bombay, iris memanjang
1 bungkus saori saos teriyaki

karena saya beli 300 gr daging sapi maka pakai 2 bungkus saori saos teriyaki ditambah sedikit merica

how to make:
 potong daging tipis-tipis, masukkan ke tempat (baskom), lumuri dengan sedikit merica dan 2 bungkus saori saos teriyaki, masukkan ke kulkas selama 10 menit biar bumbu meresap
panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai harum dan layu, masukkan daging yagn sudah dibumbui, tunggu sampai kecokelatan
tambahkan air biar empuk.
fin! :)

bawang bombay

daging iris

the only one season

cooked teriyaki

teriyaki failed


bonus:
Iseng menunggu bumbu meresap, saya iseng mengambil 5 iris daging sapi yang sudah di bumbui. Ambil teflon yang rata, terus panaskan margarin, panggang daging tadi sambil di bolak balik. Well rasanya lebih enak daging iseng panggang ini daripada beef teriyakinya.Soalnya mateng sampe dalam-dalam, sedangkan beef teriyakinya masih keras. haha mungkin karena kurang air buat untuk mengempukkan. Jadi harusnya tambahkan air secukupnya biar dagingnya empuk.

grilled beef

Enak kali ya kalo teriyaki ditusuk pake tusuk sate (dibikin sate) terus di panggang. Kapan-kapan nyoba aaaaaah~

No comments:

Post a Comment