Saturday, August 25, 2012

Cumi dan Udang Bakar but fail (again?)

saranghaeyo!

Upps, gak gak, saya bingung mau kasih greeting apa setelah 'salam pramuka' yang absurd banget itu hehe.
First, I want to say thank you to my readers! Ternyata saya punya pembaca setia saudara! Call it 'kepoers' haha, Iya lho, ternyata teman-teman saya suka kepo sama blog ini. Dan ternyata Om dan Tante saya juga suka baca blog ini hehehe,
 감사합니다 
(gamsahabnida=terimakasih).

Baiklah, saya mencoba posting menggunakan tampilan blogger yang lama, saya harap bisa upload foto disini. Saya ceritakan sedikit tentang salah satu aktifitas dikala menanti buka puasa.
Jadi ceritanya saya ngidam makan cumi. Dan sedang ingin bikin barbeque bahasa sederhananya bakar-bakaran. Hmmm akhirnya dengan bantuan Om Hais dan Mbak Sandra plus Cimut kami melakukannya, sore hari menanti buka puasa di teras rumah. Sounds nice, huh? 
Kami membelinya bersama-sama, cumi, udang, bumbu, dan beberapa peralatan. Sebagian alat sudah tersedia di rumah, bakaran (anglo). Setelah belanja, Cimut harus tidur siang dulu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat bumbu dan menyiapkan bahan-bahannya. Is it done well? Let's guess!
Jadi saya search di goole resep cumi bakar. It's found: bahannya cumi, kecap, bawang merah, bawang putih, merica, cabai. Lalu saya menyiapkan bumbu-bumbu tersebut. Tiba-tiba mama saya bilang "Dek, pake ketumbar enak lho. Trus cuminya dikasih jeruk dulu biar gak amis."
Dan kebodohan sayapun dimulai

bahan:
udang 200 gram, cuci, buang kepala
cumi 300 gram, cuci, buang tinta, kupas kulit, potong lingkaran
jeruk pecel (apakah berbeda dengan jeruk nipis?)
bawang bombay
bawang merah 8 butir
bawang putih 6 butir
ketumbar 1 sendok teh
kecap
garam
merica
gula jawa

cara membuat:
Setelah cumi dan udang dibersihkan dan dipotong, rendam dengan air perasan jeruk nipis (karena jeruk yang saya punya itu keras sekali sehingga tidak bisa diperas, akhirnya saya iris-iris, masukkan ke gelas, dan beri sedikit air panas).
Haluskan ketumbar, bawang merah, bawang putih, gula jawa, garam, dan merica, bagi 2.
Bagian pertama masukkan ke dalam rendaman cumi, aduk rata, diamkan, masukkan dalam kulkas selama 15 menit.
Bagian kedua campur dengan kecap untuk bumbu olesan, tambahkan cabai potong bila suka pedas.
Setelah 15 menit, buat sate cumi dengan selang-seling bawang bombay. Begitu juga dengan udang.
Bakar, sambil diolesi dengan bumbu kecap. Ulang olesan beberapa kali agar bumbu makin mantab.

Selesai!

bahan dan bumbu olesan

bumbu

first trial: gosong!





result!
 

Actually it wasn't good taste. Sebenarnya sih muneg. Enek gitu lho, mungkin karena jeruknya kebanyakan kali ya. I used two mwehehehe. And also the garlic, my unlce said that's to many. It should be only 2, not 6, bwahahahah! LOL. And I thought I should add more and more soy sauce and gula jawa.
So, if you want to try this recipe, just add more soy sauce, and take less garlic then. Oke?

Untung ada adek saya yang gentong bersedia menghabiskannya mwehehehe




:gomawo:
om hais-mbak sandra-cimut (her real name's: almira)



No comments:

Post a Comment