Friday, May 9, 2014

studio tematik 1 display #2 QURAN ACADEMY DI KAWASAN MEKAH, JONGGOL


Setelah seminggu nggak ngapa-ngapain paska WEX (segera dipos) akhirnya minggu malam baru nyadar kalo hari Kamis, 8 Mei ini display. Lalu panik. Untungnya paniknya positif sih, langsung ngedaftar produk apa yg disiapin. Mulai konsep-transformasi-3D-denah-lalu siteplan. Terus ngebut ngerjain. 
2 hari nginep di dunkin donut bareng Rahmi, Dimar dan Rhea, nggak tidur. Sudah biasa lah ya. 

Hari Rabu dari jam 2 siang udah duduk manis di dunkin jakal. Sampe magrib, kelaperan. Nggak mau mesen sandwich karena mahal. Akhirnya saya sama Rahmi beli kebab (extra telor) di depan SKU. Pas balik, udah dipesenin kopi sama donut lagi. Trus randomly bilang. 'Tadi bau sambel bawang di Ngudi Rejeki enak banget, Mi." "Eh iyaya, makan lagi yok. Tapi ini laptop yg jagain siapa dong?" Kemudian Dimar dan Rhea dateng. Kyaaaaaaa. Meluncurlah kami mengisi amunisi perut untuk bertarung di malam terakhir. Terus merasa bersalah abis makan kebab makan nasi lagi -___-

HEI! Back to the post! Hahaha iyaaaaaaaaa. 

Jadi display kali ini lanjutan dari display yang pertama (klik disini). Nah, senangkepku dari bapak dosen saya, display ini yg lebih ditekankan Quran Academynya. Jadi lebih ke siteplan kawasan Quran Academy, fyi luasnya 12 hektar, dan sekelompok bingung mau diisi apa aja.

Mengembangkan konsep air sebelumnya, saya akhirnya mengambil konsep zam-zam crystal yang bentuk dengan bentuk ikatan kimianya benzena atau lebih gampangnya berbentuk heksagonal (segi enam). Dari situ, heksagonal itu dipakai sebagai bentuk massa bangunan serta ornamentasinya. 

Masalah fungsi dan kebutuhan ruang atau denah juga sudah saya buat. Kawasan ini dibagi menjadi 2 bangunan utama yaitu main building yang digunakan untuk belajar, semacam sekolah dengan fungsi ruang kelas, auditorium, main hall, dan perpustakaan Islami terbesar. Karena bangunan utama jadi bangunan ini harus spesial, saya menaruh rain-water filtration di rooftop yang nantinya air hujan bisa menjadi air layak minum. Di tengahnya ada innercourt yang terdapat kolam dari air di rooftop tadi. 

Bangunan kedua adalah dormitory atau asrama. Terdiri dari 2 tower 8 lantai untuk siswa laki-laki dan perempuan. Lalu terdapat resort dibelakang dormitory yg fungsinya sama, sebagai asrama dan para tamu yg datang. 

Poster yang saya buat semalam suntuk dan baru diprint jam 6 pagi ini menjadi poster favorit saya selama ini :'D 






Display penuh air mata juga. Temen-temen sekelompok saya, si Ika, Ayuko sama Rahmi nangis gara-gara si bapak dosen minta maket padahal dari laboran tidak ada daftar produk maket. Frustasi semua. Sampe ngelobi bapaknya biar ga usah pake maket. Tapi apalah daya hikshiks.

Saya baru bikin maket jam 7 pagi, dikampus. Pake bahan-bahan sisa semua, kardus, tripleks dan kertas marga. Jadilah maket nol rupiah dari barang-barang sisa ini.

Jreeeeeeeng!!!!!!




maaf ya postingan kali ini berbau curhat :3

No comments:

Post a Comment