Sunday, January 10, 2016

2016: which way to go?



Hallo 2016!!
Pergantian tahun saya lalui begitu saja, tidur karena kelelahan. Tak jauh-beda seperti tahun-tahun sebelumnya, saya tidak terlalu suka selebrasi. Dua ribu enam belas diawali dengan bangun pagi seperti biasa, sarapan nasi liwet, lalu tidur lagi karena masih kelelahan.

Melihat post teman saya, saya jadi ingin ikut-ikutan mengingat setahun kebelakang,

Pada awalnya 2015 biasa saja, karena resolusi yang saya kejar tahun lalu  cuma satu: Tugas Akhir (yang sudah tertunda satu semester). Yang pada kenyataannya tertunda lagi karena harus KKN dulu. Awal yang biasa saja menjadi tak terduga-duga pada akhirnya. Urusan tugas akhir dicampur dengan urusan 'ehem' bukanlah adonan yang baik. Saking tidak baiknya sampai bisa bikin jungkir balik sendiri. Bisa bikin galau siang malem dan ngilang dari peradaban selama seminggu. Oke. Lupakan! Wk

Seperti dongeng, setiap akhir pasti punya happy ending. Dan happy ending tahun 2015 diakhiri dengan kepulangan saya dari Pulau Komodo, dijemput mama dan dibawakan nasi liwet.

Banyak hal terjadi, banyak hal yang sudah dilakukan, yang pastinya banyak tenaga dan waktu yang dicurahkan. Banyak suka cita. Banyak juga kepuasan batin.
Begitu sadar ini 2016, pikiran langsung kacau. Ketakutan datang. Mengingat kembali apa yang sudah dilakukan dan apa yang sedang diusahakan. Karena kalau diingat, apa yang telah saya lakukan tanpa perlu usaha dan tekad kuat untuk mendapatkannya. Saya hanya mengikuti arus, menikmati kemana arus membawa lari. Dari banyak hal yang sudah saya kerjakan, tidak ada yang benar-benar saya usahakan (dengan sungguh-sungguh). Banyak hal yang bisa dilakukan, tapi tak diusahakan. Jadi berpikir kalau ternyata selama ini tidak benar-benar melakukan apapaun. Takut? Ya. Sangat takut.

Mungkin benar kata salah satu teman saya, 'Sebenarnya kamu sudah menemukan passion kamu, tapi kamu tidak tahu yang mana, mungkin pulang dari sini kamu harus cari tahu. Lalu kerjakan satu-satu dulu. Jangan semua kamu kerjakan.'

Sekali lagi,
Selamat tahun baru! Semoga segera bisa menentukan jalan mana yang akan kau pilih!


xoxo,
kiky

No comments:

Post a Comment