Saturday, January 30, 2016

hello komodo part 3: Setabe!


Adaptasi//observasi//

Artinya permisi.
Kuping kami harus mulai beradaptasi mendengar bahasa lokal begitu matahari pertama kami terbit. Semangat menjalani 'hidup baru' masih menggebu disambut oleh telor bebek yang muncul dari balik bukit. Sempurna~

every morning view, keren ya :')

Setelah terbit bulat sempurna, sedetik kemudian hawa hangat mulai menjalar, detik berikutnya kami kepanasan! Oke, ini lebay. Matahari terbit sekitar pukul 6.00 (tergantung bulan apa), begitu pukul tujuh, pelan-pelan sinarnya mulai melelehkan peluh. Jam sepuluh rasa-rasanya sudah tidak tahan lagi sama panasnya. Sengatan matahari disini luar biasa panas. Seminggu pertama, setelah jadwal makan siang, kami serempak tidur. Karena nggak tau lagi harus ngapain, dan diluar super panas. Keringat mengucur dari mana-mana, kipas plastik jadi penyelamat. Galon yang dibeli dari Labuan Bajo habis dalam hitungan jam. Kami meleleh di minggu pertama.


Seminggu pertama

Seperti orang-orang KKN pada umumnya, meskipun kami sudah mempunyai program pokok, tapi tetap saja harus survey kondisi lapangan. Yak seminggu pertama kami jalan-jalan, hunting foto, kepanasan kalo siang, bikin jadwal masak, nyusun program ulang, bikin timeline program, sampe akhirnya di akhir minggu pertama saya, Afi, Rifan, Brita dan geng pejuang baris depan, survey untuk penoromoran rumah. Awal minggu kedua sudah bisa masang stiker nomor rumah. Kebagian di RT ujung, jalannya jauh, dan masih belom bisa adaptasi sama teriknya matahari, saya pun tepar. Btw nempel rumah nggak segampang itu. Naik-turun tangga berpuluh rumah. What? Tangga?? Yep, dan kiky dan tangga bukanlah jodoh sehingga yang terjadi adalah saya terkapar di kolong rumah orang. Pas bangun Afi sama Riffat udah kelar nempelin stiker. Lol~

abis mandi sama nyuci di sumur ceritanya


of course abis nyuci lagi di hari yang beda


Tidak mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, cuaca baru, gaya hidup dsb. Butuh waktu kurang lebih dua minggu untuk bisa menerima bahwa air terbatas. Beruntung dirumah ada kamar mandi dan WC, yah walaupun distribusi air ke rumah 4 hari sekali. Nampung di bak mandi penuh plus ember-ember, tapi tetep aja kurang buat bersebelas. Nggak bisa buat mandi, nggak cukup. Air di rumah cuma bisa buat masak sama BAB doang. Kalo mandi? Ke sumur, ke pos TNK, ke Pak Hajj (sensor), ke laut, ke tetangga,  asal nggak dirumah. Itu aturannya, nggak boleh mandi dirumah. Seru ya! Wk~

Banyak banget yang mau diceritain. Sampe bingung mau nulis yang mana dulu hhahaha. Kalo nulis kegiatan disana ngapain aja, sama aja kayak nulis laporan I1, males. Yaudah aku share hasil hunting foto untuk buku aja.

Permainan yang tiap sore dimainkan bocah-bocah ini disebut Golong atau gulung. Cara mainnya putar ban dengan tongkat kayu kecil, usahakan lurus, jangan sampe belok apalagi kecebur laut. 

Dermaga nggak pernah sepi dari si anak laut. 


Busa apung. Rule of third. 
Pulang sekolah para gadis remaja mencuci baju ke sumur, rame-rame lebih seru, ada temen nggosip.

Kambing dan simpanan air warga. Musim kering memang menyusahkan buat para kambing.

Cumi. Digarami lalu dijemur biar tahan lama supaya bisa di jual ke Labuan Bajo dan pulau lain. 

anak-anak, pulang sekolah, bermain karambol? good idea ya. dibawah bayangan pohon biar nggak kepanasan.

rambut gondrong? cukup panggil bapak, kakak, om atau tetangga buat nyukur.

Angka kelahiran tinggi, adek kecil udah bisa momong adeknya yang paling kecil.

Sederhana, bahagia.

'menyusui' adek
Kolong rumah: tempat bapak memahat, tempat anak bermain, tempat emak-emak ngerumpi. 

Kolong rumah: tempat sampah?

Kolong rumah: tempat tidur. Memang adem sih kalo siang-siang nongkrong dikolong rumah. 

ketika surut

Ketika surut: bapak memperbaiki kapalnya

Selepas asar, bocah-bocah memang senang bermain. Dimanapun. Dermaga salah satunya. 
one two three, RUN!!


golong golong golong
 
rebutan permen ketika ada turis datang

ngantri martabak. Penjual makanan disini jualan dua kali sehari. Pagi hari jam 5.00 sampe jam 6.30 biasanya udah habis. Jualan lagi jam 12.30, sejam kemudian habis. Apapun jualannya. Donat, martabak, pisang goreng, ubi goreng dll.

Barang belanjaan dari LBJ

'Aku bisa nggambar lho, Kak!' *happy




Masih banyak foto dan cerita yang mau dishare. Semoga nggak males nulis part berikutnya.

Buku? Buku apa? Ya karena sudah berniat dari awal ingin membuat buku, alhamdulillah kesampean dan sekarang bisa dibaca di issu.com!!!




See you on next post! Cheers!

1 comment:

  1. wow infonya keren kak. kalau ingin tahu tentang cara membuat web yukk disini saja. terimakasih..

    ReplyDelete