Saturday, July 28, 2012

Bulgogi with Sambel Bawang and Kemangi

 annyeonghaseyo
Selamat pagi! Sesuai janji, saya akan memposting proyek yang saya lakukan kemarin sore bersama Opik dan Boram. Ini juga bisa jadi alternatif untuk buka sore nanti.

Opik, ingin sekali ke Korea. Setahu saya, berbagai lomba-lomba pernah dia lakukan untuk mewujudkan mimpinya.  Kali ini dia mengajak saya untuk mengikuti lomba membuat video memasak masakan khas Korea yang di mix dengan masakan khas dari negara asal. Lihat videonya di chanel youtube: Delicious Seoul Story
Saya dan Opik memutuskan akan memasak Bulgogi. Karena menurut saya mudah, simpel, dan cepat. Kimchi yang kemarin saya beli sebenarnya untuk proyek ini, sebagai pelengkap. Sebelum memutuskan memasak Bulgogi, saya sempat browsing resep-resep masakan Korea yang mudah dibuat. Nah dari sanalah yang menurut saya paling mudah dan praktis adalah Bulgogi. Karena soalnya adalah masakan Korea di mix dengan masakan khas negara asal, akhirnya Opik dan saya memutuskan menggunakan sambel bawang dan kemangi.
Kemarin sore kami dibantu Boram, beruntung sekali dia tiba-tiba muncul jadi ada bantu merekam videonnya. Konsep videonya adalah memasak bulgogi dengan anglo (Indonesian tradisional stove). Lokasinya di taman samping rumah Opik. Jadilah kami bertiga ngabuburit memasak bulgogi, ulang adegan, ambil alfalink cepet-cepet cari arti dalam bahasa inggris (we're not good in English), sambil mikir konsep adegan berikutnya yang semua spontan :D
'Annyeonghaseyo! Hallo! This afternoon, we'll cook a Korean food, BULGOGI with Sambal Bawang and Kemangi."

our bulgogi

Bulgogi merupakan salah satu masakan Korea yang terbuat dari daging sapi. Daging yang digunakan antara lain daging sirolin atau bagian daging yang bagus dari seekor sapi. Kemarin saya tidak tahu menggunakan daging sapi yang mana. Makanan ini hampir mirip dengan beaf teriyaki yang sering kita jumpai di Hoka-hoka Bento. Bumbu bulgogi ialah  campuran dari kecap dan gula. Cara memakannya adalah dengan cara membungkus bulgogi dengan daun selada  bersama kimchi, ataupun penyedap lainnya yang sesuai selera. Berikut ini adalah resep mudah membuat Bulgogi: 
Bahan:
- 2 sendok makan minyak
- 1 buah bawang bombay, poton
- 200 gram daging sapi, iris tipis
- Garam, gula, merica secukupnya
- 1 sendok teh tepung kanji untuk mengentalkan
- 4 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh minyak wijen
- 2 sendok makan wijen
- 3 batang daun bawang, potong-potong
- 1 gelas air
- Cabai merah 2 buah
- Cabai rawit 4 buah
- Bawang putih 1 buah
- Daun Kemangi secukupnya
- Kimchi
- Selada

Cara membuat:
-Daging dicampur dengan garam, gula, merica, tepung kanji, kecap, dan minyak wijen. Sisihkan.

-Panaskan minyak. Tumis bawang bombay sampai layu.

-Masukkan daging yang dicampur dengan bumbu. Aduk-aduk. Masukkan air. Masukkan daun bawang. Aduk-aduk, tunggu sampai air susut
- Selagi daging dimasak dengan bumbu-bumbu dan menuggu air susut, buat sambel bawang.
 
finish!

Penasaran dengan bulgogi yang digulung dengan sawi, kimchi, sambal bawang, dan kemangi, Opik pun mencoba membuatnya dan saya yang jadi kelinci percobaan. Dan rasanya ternyata WOW! Daging sapi yang ternyata 'matang', kimchi asam pedas, sambal bawang pedes, dan kemangi yang seger, ditambah segarnya daun selada. Meledak di mulut. Nice!
Kalo kata Boram enak, berarti enak beneran, soalnya dia paling jago masak hahaha :D 

 cooking with kiky and opi

ingredients 

cooked bulgogi

sambal bawang

 bulgogii with kimchi sambal bawang and kemangi

 opik

 boram

 bulgogi buntel

 this is it!
Bulgogi with Sambal Bawang and Kemangi

thank you my besties:
Opik dan Boram
 

No comments:

Post a Comment