Monday, July 23, 2012

menu buka puasa: Es Buah Pak Min

Selamat pagi!
Hari ini adalah hari kedua di bulan Ramadhan, jadi saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan, semoga puasa hari ini lancar sampai magrib dan bermanfaat. Saya sendiri tidak puasa karena yah masalah wanita, kemarin saya hanya dapat setengah hari puasa dan batal. Wanitaaaa~
Setelah mencoba mendandani tampilan blog biar cantik, oke menurut saya ini belum berhasil dan gak nyambung sama isi blognya, akhirnya saya menyerah dan memutuskan untuk membuat postingan dulu.

Postingan kali ini tentang kuliner. Bukannya menggoda anda yang berpuasa sih, tapi oke, ini hanya postingan tentang makanan untuk berbuka puasa. Sebagai anak muda, buka puasa enaknya dibuka dengan minuman segar semacam es. Nah, saya mau ngasih saran untuk menu buka puasa yang seger dan yang biasanya saya minum saat berbuka:

Es buah
Es pisang ijo
Es sirup
Es teler
Es kelapa muda dengan susu
Es dawet
Jus mangga dan berbagai macam jus
ES blewah
dan masih banyak lagi




warung es buah pak min


es teler ala pak min

Oke, saya ceritakan sedikit tentang es buah favorit saya dan merupakan salah satu yang terkenal dan terlaris di Kota Solo, Es Buah Pak Min Baron, lokasinya tepat di depan rumah saya. Menurut sejarahnya es buah ini berdiri sejak tahun 1961, sudah lama sekali, bahkan orang tua saya belum lahir. Penampilan warungnya tidak istimewa, tapi es buahnya... mantab! Tidak hanya es buah saja, tapi ada es teler dan es durian. Harganya standar, 5000 rupiah untuk es buah dan es teler biasa, dan 10.000 rupiah untuk es durian. Isinya sederhana, es buah yang berisi pepaya, melon, nangka, janggelan, kolang-kaling, kelapa, nanas, dan entah apa saya lupa, ditambah es serut, sirup merah, dan susu, seger! Sedangkan es teler isinya kolang-kaling, alpukat, agar-agar, kelapa, dan lain lain, ditambah susu putih dan santan *mungkin sehingga kuahnya putih. Untuk es durian isiannya sama dengan es buah tapi ditambah dengan durian, kalo tidak salah 2buah. Warung ini laris manis  kalo siang disaat cuaca panas dan sangat ramai sekali ketika menjelang berbuka puasa disaat Ramadhan.
Jadi, monggo bagi yang rumahnya di daerah Solo, tapi belum pernah 'ngincipi' es buah ini, saya rekomendasikan.


~happy fasting~

No comments:

Post a Comment